Tutorial ini di tujukan hanya kepada BloggerPemula yang ingin mengetahui carameningkatkan traffic dan ranking Blog.
Tidak bisa kita pungkiri salah satu alasan utama orang membuat blog adalah untuk menyampaikan informasi, berbagi pengetahuan maupun hasil karya pribadi atau kelompok agar di ketahui oleh orang banyak dan mendapatkan respon.


Bagaimana semua itu bisa tercapai kalau traffic atau kunjungan ke blog kita rendah?
Untuk itulah kami ingin sedikit berbagi informasi sebatas pengetahuan dan pengalaman kami dalam meningkatkan traffic ke blog ini, dengan harapan agar bermanfaat bagi teman teman blogger lainnya.
Sebelumnya kami tekankan bahwa Tutorial ini kami tujukan kepada Blogger pemula saja. Karena kami sendiri juga masih agak awam dengan dunia blogging.
Awalnya kami ragu untuk menulis pengalaman ini karena apa yang kami ketahui belumlah sebanding dengan apa yang sudah di capai oleh para senior di dunia blogging. Tetapi kami mengacu kepada sebuah prinsip ilmu yang penah kami pelajari “Ajarkanlah apa yang kamu ketahui meskipun hanya satu hurup saja”Dari situ kami memberanikan diri menerbitkan tulisan ini.
Sebelumnya kami ingin bercerita sedikit mengenai Blog ini. Blog www.dasanbaru.wordpress.com ini kami buat pada bulan November 2009 menggunakan Handpone Sony Ericsson K750i. Kebayang kan bagaimana nge-blog menggunakan HP seperti itu yang memungkinkan kita untuk menulis hanya sampai 100 karakter (Hurup saja). Dari tahun 2009 sampai awal tahun 2011, Blog ini hanya berisi beberapa tulisan pendek saja dan traffic-nya hanya berkisar antara 100-200 per hari dengan GoogleRank #3 dan Alexa Rank >20.000.000
Sebenarnya kami sendiri sudah tidak bisa mengakses blog ini karena lupa password yang sudah kami buat.
Pada bulan Juli 2011, kami iseng membuka semua Folder di email kami dan untungnya menemukan kembali email konfirmasi mengenai Blog ini hingga akhirnya kami berhasil mengaksesnya kembali.
Hal pertama yang kami lakukan waktu itu adalah melakukan sejumlah hal yang kami yakini sebagai penyebab meningkatnya traffic ke blog ini. Terbukti sejak bulan Juli lalu traffic blog kami meningkat menjadi 1000-2000 perhari kemudian terus meningkat hingga mencapai rata rata 10.000 pada bulan Oktober bahkan tembus di angka >13.000. Sampai sekarang traffic rata rata perhari Blog ini masih berada di atas angka >8000 perhari dengan Alexa rank yang mengalami peningkatan cukup signifikan setiap hari dari 20 jutaan pada bulan Juli menjadi 400 ribuan pada bulan December ini. Tetapi ranking Google kami malah anjlok ke Rank #1.

Statistik Bulan Oktober-November

Statistik Bulan Desember
Berikut langkah langkah yang telah kami lakukan untuk meningkatkan traffic dan ranking Blog kami:
  • Memastikan Semua konten atau isi Blog terbuka untuk umum (Bukan Private)
  • Mengutamakan tulisan sendiri walaupun hanya sedikit tetap lebih baik dari pada COPAS (Copy & Paste). Karena biasanya mesin pencari akan sulit meng-indeks tulisan yang sudah di terbitkan oleh situs lain yang pastinya sudah ter-indeks sebelumnya.
  • Pemilihan Topik yang menarik. Hal ini bisa di lakukan dengan memilih hal hal yanginformative, karena pada dasarnya semua orang sangat suka di berikan informasi. Catatan: “Menulis dengan menggunakan bahasa Ilmiah maupun formal pastinya sangat luar biasa, tetapi zaman sekarang kebanyakan orang lebih menyukai hal hal yang di sampaikan menggunakan bahasa yang ringan dan santai“. Mungkin hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan kalau kita ingin mengejar traffic.
  • Pada isi tulisan, sejumlah kata tertentu yang kita yakini sebagai pokok atau inti dari tulisan bisa kita Bold atau kita cetak miring.
  • Tambahkanlah gambar atau photo pada setiap artikel agar lebih menarik sebagai bentuk penjelasan Visual.
  • Gunakanlah Tag yang baik untuk setiap tulisan. Tag yang baik berdasarkan apa yang pernah kami baca adalah dengan memilih kata kata yang paling kuat mengindikasikan isi tulisan. Contohnya pada tulisan ini kami akan memilih Tag: Tutorial, Traffic Blog, Ranking Blog. Kemudian selain tag kita juga bisa menambahkan query seperti: Cara Meningkatkan Traffic Blog, Cara Meningkatkan Ranking Blog. Sebaiknya jumlah Tag dan Query dari setiap tulisan tidak lebih dari 10 macam. Hal yang paling mudah untuk menentukan query adalah dengan memikirkan kalau kita pada posisi sebagai net surfer, kira kira kata kunci apa yang paling pas untuk kita ketik di mesin pencari agar kita mendapatkan informasi atau tulisan yang benar benar kita inginkan.
  • Pemberian Label atau kategori. Label atau Kategori sebaiknya merupakan tema utama tulisan. Misalnya untuk tulisan ini kami akan memberi label atau kategori: Tutorial Blog
  • Menyisipkan sejumlah Link untuk memperjelas keterangan akan suatu kata atau nama yang tertera di dalam tulisan. Misalnya jika di dalam Tulisan ada nama Kota atau Negara, ada baiknya kita sisipkan link Google map untuk nama nama tersebut tetapi jangan berlebihan karena akan terhitung sebagai eksternal link atau out bound. Untuk lebih mempermudah, aktifkan sajaZemanta melalui blog anda. Caranya masuk ke Dashboard-Pengguna-Personal Setting-Additional Post ContentZemanta (Centanglah kolom aktifkan zemanta di paling bawah halaman pengaturan pribadi)-Simpan perubahan.
  • Berusahalah untuk lebih interaktif dengan setiap pengunjung Blog. Balaslah setiap komentar yang di tinggalkan oleh pengunjung.
  • Blog Walking atau berkunjung ke Blog yang ramai akan sangat efektif untuk membantu traffic dengan catatan tinggalkanlah Komentar di setiap Blog yang di kunjungi agar bisa ikut terhubung dengan para Blog Walker lainnya. Logikanya kalau kita berada di tempat ramai otomatis akan banyak orang yang melihat kita. Selain itu secara otomatis kita akan mendapatkan tambahan Link ke Blog kita.
  • Sukai atau Ikuti Blog Blog yang memiliki Ranking dan Traffic yang bagus.
  • Saling bertukaran Link adalah cara yang paling di sukai para blogger untuk mendapatkan tambahan Backlink.
  • Mendaftarkan Blog ke Directory Blog seperti TechnoratiBloggerSaling SilangWPTopsitesdan sebagainya. Hal ini sangat baik untuk menjalin koneksi dengan para Blogger lain yang juga terdaftar dalam direktori tersebut.
  • Menambahkan aplikasi widget seperti Flag Counter, Url Monitor, Chat Box juga cukup membantu meningkatkan Traffic Blog. Tetapi Third Party Application (Directory, widget, banner tertentu yang berasal dari Situs/Blog lain) hendaknya jangan terlalu banyak karena akan di nilai sebagai out bound berlebih yang bisa mempengaruhi indeksing, bad reputation dan ranking Blog.
  • Bergabunglah dengan Forum baik di WordPress maupun Forum Lain seperti kaskus dan promosikan tulisan sebagai thread atau post.
  • Auto-connect blog dengan semua social Media yang kita ikuti seperti Facebook, Twitter,Yahoo updates dan Linked in agar semua relasi atau teman kita di situs jejaring tersebut bisa ikut melihat update blog kita. Caranya: Dashboard-Pengaturan-Sharing-Klik Connectkemudian ikuti petunjuknya. Cara ini salah satu yang paling efektif menjangkau semua teman kita di jejaring social secara otomatis.
  • Aktifkan Share Button (Tombol berbagi) di setiap Post agar semua  pembaca bisa ikut membagikan semua post yang mereka sukai di Blog kita. Shara Button yang paling banyak di gunakan adalah Press this, Facebook, Twitter, Tumbler dan Stumbled Upon. Untuk mengaktifkannya tinggal masuk ke Dashboard-Pengaturan-Sharing-Share Button-Drag jenis share button yang ada di available services ke bawah (Enabled services) –Simpan perubahan.
  • Aktifkan webmaster  verification tools seperti YahooGoogle dan Bing. Caranya:Dashboard-Tools/Peralatan-Available Tools. Untuk bisa mengaktifkannya kita harus terlebih dahulu mendapatkan meta tag dari masing masing webmaster tools tersebut. Jika kita sudah memiliki akun/email yahoo, msn dan google tinggal Klik pada link nama masing masing yang ada pada halaman webmaster tools verification dan ikuti petunjuknya.
Demikianlah beberapa hal yang sudah kami lakukan sebagai seorang pemula untuk memperbaiki traffic dan ranking blog kami. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman teman pemula lainnya.
SUMBER:http://dasanbaru.wordpress.com/2011/12/28/tutorial-blogger-pemula-cara-meningkatkan-traffic-dan-ranking-blog/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...