Minggu, 24 Juni 2012

Sejarah Singkat Python


Sejarah Singkat
Pada awalnya kita akan beranggapan bahwa penamaan bahasa pemrograman ini didasarkan pada binatang melata, anggapan tersebut salah. Penamaan bahasa pemrograman ini berdasarkan pembuatnya ketika dia menonton acara komedi di televisi di BBC yang bernama Monty Python’s Flying Circus. Pembuat bahasa pemrograman ini adalah Guido van Rossum dari Amsterdam, Belanda. Pada awalnya, motivasi pembuatan bahasa pemrograman ini adalah untuk bahasa skrip tingkat tinggi pada sistem operasi terdistribusi Amoeba.
Bahasa pemrograman ini menjadi umum digunakan untuk kalangan engineer seluruh dunia dalam pembuatan perangkat lunaknya, bahkan beberapa perusahaan menggunakan python sebagai pembuat perangkat lunak komersial.
Sejak muncul tahun 1991 di domain public, bahasa pemrograman ini berkembang dengan dukungan komunitas pengguna dan pengembangnya, seperti Python Software Activity, internet newsgroupcomp.lang.python, dan organisasi informal lainnya.
Python merupakan bahasa pemrograman yang freeware atau perangkat bebas dalam arti sebenarnya, tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya. Lengkap dengan source codenya, debugger dan profiler, antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka, fungsi sistem, GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya. Python dapat digunakan dalam beberapa sistem operasi, seperti kebanyakan sistem UNIX, PCs (DOS, Windows, OS/2), Macintosh, dan lainnya. Pada kebanyakan sistem operasi linux, bahasa pemrograman ini menjadi standarisasi untuk disertakan dalam paket distribusinya.

Filosofi Python
Bahasa pemrograman ini mempunyai filosofi sendiri, atara lain adalah:
Coherence. Bahasa pemrograman skrip tidaklah menjadi sulit untuk dibaca, ditulis, dan dimaintain.
Power (kekuatan). Bahasa pemrograman ekstensi tidaklah mempunyai fungsi yang terbatas.
Scope (jangkauan). Bahasa pemrograman dinamis dapat digunakan untuk berbagai macam tugas. Tidak ada alasan bahwa bahasa pemrograman tidak dapat menyediakan tanggapan yang cepat selama masa pembuatan sistem aplikasi dan juga mempunyai kelebihan yang membuatnya berguna untuk membuat lebih daripada sistem aplikasi tingkat tinggi.
Object. Pemrograman berorientasi objek dapat menjadi paradigma yang berguna, karena pemrograman berorientasi objek mempunyai kekuatan dalam strukturnya dan penggunaan kembali kode yang telah ada. Bahasa pemrograman berorientasi objek tidak perlu untuk menjadi kompleks atau sulit untuk digunakan.
Integration(integrasi). Tidak ada bahasa pemrograman yang menjadi pulau. Penyediaan dari kekuatan bahasa pemrograman dinamis, dan antarmuka yang terdefenisi dengan baik untuk bahasa pemrograman lainnya, python membantu sistem hibrid yang secara simultan pengungkitan kecepatan perubahan dari python, dan efisiensi dari C.
Perlu diketahui pula bahasa pemrograman python cenderung untuk menyerupai bahasa pemrograman tradisional seperti C dan Pascal, daripada bahasa permrograman skrip seperti Perl dan Tcl. Pada kenyataannya, Python adalah suatu dari bahasa pemrograman skrip dalam samaran dari bahasa perograman tradisional. Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa Python merupakan jembatan antara bahasa skrip dan C.

Kelebihan Python
Bahasa pemrograman ini mempunyai kelebihan dari beberapa bahasa pemrograman skrip dan bahasa pemrograman C.
Kelebihan & Keuntungan:
  • Tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan (link).
  • Kecepatan perubahan pada masa pembuatan sistem aplikasi.
  • Tidak ada deklarasi tipe.
  • Program menjadi lebih sederhana, singkat, dan lebih fleksible.
  • Manajemen memori otomatis.
  • Kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan kode.
  • Tipe data dan operasi tingkat tinggi.
  • Kecepatan pembuatan sistem aplikasi menggunakan tipe objek yag telah ada.
  • Pemrograman berorientasi objek.
  • Penstrukturan kode dan penggunaan kembali, integrasi C++.
  • Pelekatan dan perluasan dalam C.
  • Integrasi C, sistem bahasa campuran Kelas, Modul, Eksepsi.
  • Dukungan pemrograman skala besar secara modular.
  • Pemuatan dinamis modul C.
  • Ekstensi yang sederhana, serta berkas biner yang lebih kecil.
  • Pemuatan kembali secara dinamis modul Python.
  • Memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya.
  • Model objek universal kelas satu.
  • Fewer restriction dan special-case rules.
  • Konstruksi pada saat aplikasi berjalan.
  • Handle unforeseen need, end-user coding.
  • Interaktif, dinamis alamiah.
  • Incremental development and testing.
  • Akses hingga informasi interpreter.
  • Metaprogramming, introspective object.
  • Portabilitas secara luas.
  • Pemrograman antar platform tanpa ports.
  • Kompilasi untuk portabel kode byte.
  • Kecepatan eksekusi, melindungi kode sumber.
  • Antarmuka terpasang untuk pelayanan keluar.
  • Perangkat bantu sistem, GUI, persistence, database, dan lain sebagainya.
  • Secara jujur, Python merupakan konglomerat dari kelebihan yang dibawa dari bahasa pemrograman lainnya, termasuk element dari C, C++, Modula-3, ABC, Icon, dan lainya.
  • Modul python datang dari modula, dan potongan operasi dari Icon.
Apa yang baik bagi Python ?
Penggunaan python pada lingkungan yang berbagai macam ragam, sulit untuk menjawab secara resmi terhadap pertanyaan di atas. Pada bagian bawah ini merupakan rangkuman dari beberapa bidang yang menggunakan python pada saat ini:
Perangkat bantu shell. Tugas-tugas sistem administrator, program baris perintah.
Kerja bahasa ekstensi. Antarmuka untuk pustaka C/C++, kustomisasi
Pembuatan prototipe secara cepat/pembuatan sistem aplikasi. Prototipe yang dapat dibuang atau sesuai dengan permintaan.
Modul berdasarkan bahasa pemrograman. Pengganti dari penulisan parser khusus.
Antarmuka pengguna grafis. Penggunaan GUI API sederhana dan canggih.
Pengaksesan basisdata. Penyimpanan objek tetap, antarmuka sistem SQL.
Pemrograman terdistribusi. Penggunaan API mekanisme client/server terintegrasi.
Skrip internet. Skrip CGI, antarmuka HTTP, Aplet WWW, dan lainnya.
Pada pengertian umum, python memberikan pelayanan terhadap jangkauan bidang:
Bahasa pemrograman dinamis, untuk situasi dimana salah satu tahap link atau kompilasi tidak memungkinkan (modifikasi di tempat klien), atau tidak nyaman (pembuatan prototipe, pembuatan aplikasi secara cepat, perangkat bantu shell).
Bahasa pemrograman yang powerful tetapi sederhana, untuk situasi dimana kompleksitas dari bahasa pemrograman yang besar is sometimes a liability (prototipe, pengkodean pada pemakai akhir).
Generalized language tool, untuk situasi dimana dibutuhkan untuk menanamkan dan implementasi bahasa pemrograman kecil lainnya (antarmuka sistem yag dapat di program, perangkat bantu konfigurasi).
Berdasarkan properti umum yang diberikan, python dapat di terapkan pada area mana saja ynag kita ingin kan, dengan meningkatkannya dengan pustaka pada bidangnya, melekatkannya dengan sistem aplikasi, atau menggunakannya secara sendiri.
Apa yang kurang baik bagi Python ?
Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C. Pada beberapa bidang hal ini tidak menjadi pertimbangan utama, tetapi dalam bidang lainnya, efisiensi menjadi prioritas tertinggi.
Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis. Sebaliknya, penggunaan operasi komputasi intensif dapat diimplementasikan sebagai ekstensi kompilasi bagi python, dan dikodekan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah seperti bahasa C. Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.
Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sementara python unlikely that it’ll ever be secepat bahasa C, kecepatan python dalam pembuatan sistem aplikasi paling tidak menjadi penting sebagaimana kecepatan eksekusi bahasa C.
Pilihan ada di tangan anda
Penggunaan bahasa pemrograman python akhirnya ditentukan oleh penggunanya yang didasarkan pada kebutuhannya dan bidang yang dapat ditangani oleh pyhton. Python dapat digunakan secara menyeluruh pada sistem yang tebuka terhadap penggunaan antarmuka yang ada dan tidak mengorbankan unsur penting lainnya yang akhirnya akan menurunkan hasil akhir yang ingin dicapai.
Pemandangan menyeluruh terhadap tiap unsur atau bagian yang ada secara detail dalam pembuatan suatu sistem aplikasi pada tahap analisa akan memudahkan kita pada tahap pemrograman selanjutnya.


SUMBER:http://zhw-downloadcenter.blogspot.com/2012/01/python.html 

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...