Minggu, 24 Juni 2012

dBASE IV


dBase IV || File Size : 1.80 MB. 
dBASE merupakan program bank data serupa untuk komputer pribadi.
Dengan adanya program pengolah data,dibuat suatu program bank data untuk komputer pribadi dalam bentuk miniaturisasi dari komputer besar.Pengunaan bank data menjadi meningkat yaitupada file-file pasien,langganan,hotel sampai ke penanganan ilmu pengetahuan.
Penggunaan sentral dokumen statis pada komputer besar dikembangkan menjadi penanganan dat yang dinamis.Ciri cirri banj data modern adalah adanya teknik teknik pemerluassan dan perhitungan secara individu.Dengan dwemikian pemakai dapat menentukan sendiri,data mana yang akan dipanggil dan bagaimana hubungannya serta penyelesaiannya.Tujuan dan system manajemen bank data adalah penggunaan yang fleksibel untuk berbagai macam situasi kerja dan tuntutan individu.
dBASE adalah program yang paling terkenal diantara program bank data rasipnal lainnya.Seperti diketahui dBASE mempunyai dua kemungkinan pelayanan,yaitu:
  • Command oriented,dimana perintah perintahnya diketikkan melalui perintah titik(dot prompt);
  • Task oriented,dimana perintah dapt dilakkukan melalui pilihan menu(control center).
Dengan dBASE IV, Ashton-Tate memperbaiki kedua pelayanan diatas.Ciri-ciri dBASE IV adalah :
  • Pengembangan program yang lebih luas
  • Kenyamanan penggunaanya karena adanya permukaan menu yang baru.
Tujuan pembaharuan permukaan pelayanan adalah untuk mempermudah pemakaian program.Pengembangan dari dBASE II dan dBASE III Plus adalah segi task oriented-nya.Semula task oriented terbatas kemampuannya dan tidak dapat menggantikan keberadaan dari command oriented.
dBASE IV menerobos masalah keterbatasan tersebut,dengan cara menyediakan permukaan pemakaian system menutertutup.Sistem kmenu tersebut sama dengan penggunaan dot prompt.dengan sistem menu ini seluruh kemungkinan yang terdapat dalam dBASE IV dapat digunakan tanpa pengetahuan bahas pemrogaman .Secara bersamaan,dapat dibuat sekaligus file-file yang dibuat melaluli system menu ataupun dengan perintah dot prompt.dBASE IV dapt digunakan lebih mudah dan kualitas pemakaiannya sangat baik.Dengan program generator dBASE IV,dapat dibuat menu untuk pemakai yang dapat dikendalikan.Bagi pemakai yang belum berpengalaman,program tersebut dapat dipakai dengan mudah dan bagi para pemakai yang sudah berpengalaman dapat bekerja seperti biasanya.

Apa yang baru pada dBASE IV ?
  1. ControlCenter: ( pengendalian program sentral melallui menu).
  2. QBE(Query-by-Example). ( Suatu teknik bertanya pada file- file bank data.)
  3. Fungsi-fungsi layout yang diperluas untuk membuat forms,reports,labels.Penampilan layout 1:1 pada saat dicetak (what you see is what you get).
  4. Fungsi-fungsi pengolah katayang diperluas.
  5. Lebih banyak perintah dan fungsi.
  6. SQL (=Structured Query Languange): Bahasa Tanya jawab dari komputer besar sebagai alternative untuk perintah-perintah dBASE.
  7. Program generator: Pengembangan program melalui pengendalian menu.
  8. Modul-modul terprogram: Bagian penggunaan yang diringkas dari program generator.
  9. Pengembangan instrument-instrumen baru: Compiler untk menerjemahkan program-program dari dBASE ke bahasa mesin,linker untuk meringkas beberapa file objek menjadi satu,sepeti suatu program untuk mengmbangkan printer card.
  10. Kemungkinan-kemungkinan untuk network.


SUMBER:http://zhw-downloadcenter.blogspot.com/2012/01/dbase-iv.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...