Pada suatu sore yang cerah ada dua blogger, Anisa dan Angel, yang ngobrol sambil menanti matahari terbenam :
Anisa : Ngel, kok tampilan blogmu hanncur kayak gini? *sambil memperlihatkan tampilan blognya si Angel yang dibuka lewat telepon genggamnya/hp
Angel : Loh kenapa ya Nis, perasaan dibuka di laptop bagus-bagus ajah.. *garuk-garuk kepala
    Anisa : Apa layar hapemu kurang gede ya Ngel?
    Angel : oh aku tahu, hapeku kurang mahal kali Nis? 
    Anisa : Waks.. kuatnya cuma beli gini Ngel.. *Sambil ngelus-elus Iphone 4 nya
    Angel : Hmmm.. mungkin blogku perlu dibuat tampilan versi mobile kali Nis..
    Anisa : Lha mungkin itu Ngel..
    Akhirnya mereka sepakat untuk bertanya pada Pakdhe Gugel tentang cara mudah membuat blog versi mobile.. hehe..


    Saat ini handphone gak cuma digunakan buat SMS an, telepon, motret, dengerin musik. Dan yang punya BlackBerry pun tak cuma untuk BBM-an dan push email, tapi juga untuk BROWSING. Maksud browsing disini tidak sekedar buka facebook lewat m.facebbook.com, tapi lebih untuk membaca tulisan-tulisan di website atau blog. Pernahkan kamu membuka www.ngonoo.com lewat handphone? Pasti tampilannya jauh berbeda, yang dibuka lewat komputer adalah versi desktop, dan yang di handphone dan smartphone adalah versi mobile. Versi mobile adalah bentuk yang sederhana, pokoknya yang penting teks dan gambar terbaca dengan baik.
    Memangnya seberapa banyak pengunjung blog dari perangkat mobile?
    Saya sudah berusaha untuk mencari data berupa infographic mengenai pengunjung blog dari PC atau laptop dan perangkat mobile. Karena sudah kesana-kemari tak ketemu, akhirnya maaf saya ambilkan data dari blog saya.
    1x1.trans Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile (Wordpress dan Blogger)
    Prosentase pengunjung blog dilihat dari Browser yang digunakan
     Ternyata cukup banyak pengunjung yang menggunakan perangkat mobile untuk browsing. Jadi apakah kita akan membuat pengunjung blog kita merasa kecewa karena tampilan blog yang buruk ketika dibuka di handphone?
    Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile
    Kali ini saya akan menunjukkan cara mudah mebuat tampilan blog untuk versi mobile untuk blog kamu yang ada di WordPress.com, Blogger, dan WordPress self-hosted.
    1. WordPress.com
    Masuk ke dashboard melalui wordpress.com atau namablogkamu.wordpress.com/wp-admin. Setelah itu lihat di menu sebelah kiri, Appearance, nah di bawahnya ada menu Mobile. Pilih Mobile untuk masuk ke settingan mobile theme. Pada tulisan “Enable mobile theme” pilih “Yes”. Selesai.
    1x1.trans Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile (Wordpress dan Blogger)2. Blogger 
    Untuk blogger tidak kalah gampang, masuk ke dashboard melalui blogger.com, kemudian pada menu sebelah kiri pilih Template. Ada dua mode yaitu Live on Blog dan Mobile. 
    1x1.trans Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile (Wordpress dan Blogger)
    Nah, selanjutnya klik gambar roda bergerigi di bawah tulisan Mobile. Pastikan pilih “Yes, Show mobile template on mobile devices”. Selanjutnya tinggal pilih mobile theme yang diinginkan.
    1x1.trans Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile (Wordpress dan Blogger)
    3. WordPress Self-Hosted
    Pilihan paling banyak  untuk membuat tampilan mobile blog adalah menggunakan wordpress self-hosted. Banyak plugin yang bisa kita gunakan antara lain : Mobif, WP Touch, Mofuse, WPTap, MobilePress, WordPress Mobile Pack, dsb. Baiklah, kita pilih salah satu. Saya pilih WordPress Mobile Pack karena fleksibilitasnya dalam pengaturan theme (kita bisa pilih theme untuk mobile sesuka hati) dan domain (misalnya mau dijadikan m.namadomain.com).
    Pilih Add New plugin untuk instalasi plugin WordPress Mobile Pack. Cari saja dengan kata kunci WordPress Mobile Pack pasti ketemu. Kalau sudah ketemu langsung saja di install. Selanjutnya siapkan wordpress theme versi mobile, search di google banyak banget. Sebagai contoh, kita pakai iphonista. Setelah theme terinstall, masuk menu Mobile Switcher di bagian Apearance. Pada mobile theme pilih iphonista. Selesai.
    Semoga bermanfaat.. 

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...